Friday, February 17, 2017

Ruang Lingkup Kerja dan Tata Kelola Laboratorium Micro Teaching PAI FAI UMY 2016/2017

   
Ruang Lingkup Kerja dan Tata Kelola Laboratorium Micro Teaching PAI FAI UMY


   1.      Tempat Micro Teaching PAI FAI UMY
Micro Teaching merupakan laboratorium milik Prodi PAI FAI UMY yang digunakan sebagai latihan mengajar bagi Mahasiswa/i Prodi PAI dan dibimbing oleh Dosen yang professional dalam hal pengajaran. Tempat ini dilengkapi dengan perangkat peralatan yang mendukung dan menunjang bagi setiap Mahasiswa/i yang melakukan praktik mengajar.
   2.      Bentuk Micro Teaching PAI FAI UMY
Praktik mengajar Micro Teaching adalah praktik mengajar yang dilakukan Mahasiswa/i Prodi PAI yang disituasikan seperti mengajar kelas sungguhan. Pengajaran micro adalah suatu situasi pengajaran yang dilaksanakan dalam waktu dan jumlah siswa yang terbatas, yaitu selama 15 sampai 30 menit dengan jumlah siswa sebanyak 15 sampai 20 orang. Pengajaran microteaching merupakan salah satu cara latihan praktek mengajar yang dimicrokan untuk membentuk atau mengembangkan keterampilan mengajar bagi setiap mahasiswa Prodi PAI. Bentuk microteaching yang dikembangkan oleh Prodi PAI FAI UMY ini adalah bentuk peer group, dimana microteaching dilaksanakan bersama dengan teman sendiri sesama guru praktikan. Dalam praktiknya, kelas micro dibagi menjadi kelas pembelajaran yang didalamnya terdapat guru praktikan, kelompok siswa dan petugas lab di ruang control cctv dan kelas observasi yang didalamnya terdapat mahasiswa dan dosen pembimbing yang bertugas sebagai pengamat.
3.      Aspek Keterampilan Micro Teaching
Aspek keterampilan yang dilatihkan dalam pembelajaran micro teaching meliputi keterampilan dasar mengajar yang terdiri dari :
a.       Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
b.      Keterampilan menjelaskan isi pelajaran
c.       Keterampilan bertanya
d.      Keterampilan mengadakan variasi metode pembelajaran
e.       Keterampilan memberikan pengamatan
f.       Keterampilan mengelola kelas
g.      Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
h.      Keterampilan mengajar perorangan

4.      Anggota Micro Teaching
a.       Guru Praktikan
b.      Mahasiswa
c.       Pengamat (Mahasiswa dan Dosen)
d.      Pengatur waktu
e.       Teknisi Laboratorium Micro Teaching

5.      Langkah-langkah Prosedur Pembelajaran
Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam pembelajaran micro :
a.         Pengenalan (Pemahaman konsep pembelajaran micro)
b.         Penyajian model dan diskusi
c.         Perencanaan / persiapan mengajar
d.        Praktik mengajar
e.         Diskusi feed back / umpan balik

6.      Susunan Pengurus Laboratorium Micro Teaching PAI FAI UMY
a.         Koordinator Lab  :           Naufal Ahmad Rijalul Alam, M.A.
b.         Laboran                :           - Wahyu Budi Nugroho
                                          - Muhammad Sururi
                                          - Rofiudin Habibullah
c.     Jobdesk                :
1)      Naufal Ahmad Rijalul Alam, M.A.
·         Mengawasi Pelaksanaan Kegiatan Lab
·         Mengkoordinasikan setiap kegiatan Lab kepada Laboran
·         Mengevaluasi setiap kegiatan Lab
·         Menindaklanjuti apabila ada yang melanggar tata tertib selama praktikum


2)      Wahyu Budi Nugroho
·         Merekam praktik Micro Teaching Mahasiswa/i (PM III)
·         Pelaksanaan PPL/Magang Mahasiswa/i
·         Pelatihan MGMP
·         Pemberdayaan Guru dan Masyarakat
·         Update web FAI (PAI)

3)      Muhammad Sururi
·         Membuat jadwal penggunaan Lab
·         Mendokumentasikan setiap kegiatan Lab (foto,video)
·         Mengelola perpustakan Lab
·         Pelaksanaan PM I dan II

4)      Rofiudin Habibullah
·         Desain Grafis
·         Mengurus kegiatan workshop dan kajian bekerjasama dengan HIMA PAI (Young Community)

·         Penelitian-Penelitian

No comments:
Write comments

Translate

Flag Counter

Followers