Sunday, October 23, 2016

Tumbuhkan Semangat Menulis PD IPM Surakarta adakan Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Surakarta yang diadakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta disambut dengan semangat dan gembira oleh pada kader-kadernya. Terbukti antusiasme dari peserta yang mencapai 60 Ipmawan dan Ipmawati (sebutan untuk para kader-kader IPM) perwakilan dari sekolah-sekolah Muhammadiyah se Surakarta baik SMP atau SMA/SMK. Melalui pelatihan Jurnalistik ini diharapkan tumbuh jiwa-jiwa seorang penulis, cendekiawan muda yang gemar akan menulis. Acara yang berlangsung pada Sabtu - Minggu tanggal 22-23 Oktober.

Salah satu materi dari pelatihan ini adalah pelatihan mengenai Pengelolaan Email & Blog, yang kebetulan saya sendiri yang diberi tanggung jawab untuk menyampaikan materi ini. Berbekal dari pengalaman menjadi Asisten Dosen (ASDOS) mata kuliah Media Pembelajaran, saya menyampaikan materi ini dengan antusiasme yang begitu bagus dari para peserta pelatihan dan tentunya panitia dari PD IPM Surakarta. Ini menjadi pengalaman baru bagi saya tentunya, karena sering saya menyampaikan materi ini dalam praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PAI UMY) tetapi baru kali ini saya menyampaikan dalam bentuk Pelatihan yang kebetulan di Kota yang menjadi pijakan pendidikan Magister saya saat ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 



Materi tentang Pelatihan Email & Blog ini disampaikan dalam 2 klotter, klotter 1 yaitu peserta pelatihan yang berasal dari SMA/SMK, dilanjutkan dengan klotter 2 yaitu peserta pelatihan yang berasal dari SMP. Setiap klotter hanya diberi waktu satu jam dalam saya menyampaikan materi pelatihan ini, tentunya waktu 1 jam itu sangat kurang apabila peserta dintuntut untuk maksimal dalam menerima materi pelatihan ini. Selain itu banyak kendala yang terjadi, mulai dari LCD proyektor yang eror, jaringan internet yang lemot, dan lain sebagainya. Alhamdulillah kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik, sehingga pelatihan tetap berjalan dengan lancar walaupun memang belum maksimal. Output dari pelatihan ini sebagai awalan, para peserta mengerti dan bisa dalam pengelolaan email dan pembuatan Blog. Untuk design blog mungkin akan diberikan saat follow up dari pelatihan ini.

Semoga dengan adanya pelatihan ini muncul jiwa-jiwa penulis Muslim yang berkarakter dalam menuju remaja Indonesia yang berkemajuan.

Surakarta, 23 Oktober 2016.

No comments:
Write comments

Translate

Flag Counter

Followers