Monday, April 4, 2016

Penelitian Tindakan Kelas



Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan karena banyak persoalan yang dihadapi guru ketika mengajar di depan kelas .Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran ketika di dalam kelas. Metode mengajar guru ketika di dalam kelas terkadang tidak bisa diterima dengan baik oleh para siswa-siswinya. Guru melakukan penelitian ini untuk mengatasi masalah pembelajaran ketika di dalam kelas tersebut.
Pada dasarnya ada banyak penelitian yang dapat dilakukan oleh seorang guru, misalnya penelitian deskriptif, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan. Tetapi dalam hal ini lebih diutamakan penelitian tindakan. Dari kata tindakan artinya guru melakukan sesuatu, dalam hal ini yang dilakukan oleh seorang guru adalah untuk meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik.
Penelitian tindakan kelas dilakukan tidak seperti mengajar biasanya, karena harus didasarkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik yang lebih baik dari sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian nanti diharapkan guru dapat mengetahui kekurangan apa ketika sedang mengajar, serta prestasi hasil belajar yang semula belum baik akan meningkat ke arah yang lebih baik.
Sebelum melakukan penelitian tindakan kelas harus diperhatikan terlebih dahulu berbagai persiapan, langkah-langkah, model-model penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan karena permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru bermacam-macam dan tidak sama. Persiapan yang baik, penentuan langkah-langkah yang sesuai serta pemilihan model penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan berpengaruh terhadap ketercapaian peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Untuk itu, disini pemakalah akan menjelaskan penelitian tindakan kelas mulai dari pengertian, sejarah, langkah-langlah, model-model penelitian tindakan kelas, serta keberhasilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas.

No comments:
Write comments

Translate

Flag Counter

Followers