Penelitian Tindakan Kelas merupakan sebuah
penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan karena
banyak persoalan yang dihadapi guru ketika mengajar di depan kelas .Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran ketika di
dalam kelas. Metode mengajar guru ketika di dalam kelas terkadang tidak bisa
diterima dengan baik oleh para siswa-siswinya. Guru melakukan penelitian ini
untuk mengatasi masalah pembelajaran ketika di dalam kelas tersebut.
Pada dasarnya ada banyak penelitian yang dapat
dilakukan oleh seorang guru, misalnya penelitian deskriptif, penelitian eksperimen,
dan penelitian tindakan. Tetapi dalam hal ini lebih diutamakan penelitian
tindakan. Dari kata tindakan artinya guru melakukan sesuatu, dalam hal ini yang
dilakukan oleh seorang guru adalah untuk meningkatkan prestasi hasil belajar
peserta didik.
Penelitian tindakan kelas dilakukan tidak
seperti mengajar biasanya, karena harus didasarkan sebagai upaya untuk
meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik yang lebih baik dari
sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian nanti diharapkan guru dapat mengetahui
kekurangan apa ketika sedang mengajar, serta prestasi hasil belajar yang semula
belum baik akan meningkat ke arah yang lebih baik.
Sebelum melakukan penelitian tindakan kelas
harus diperhatikan terlebih dahulu berbagai persiapan, langkah-langkah, model-model
penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan karena
permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru bermacam-macam dan tidak sama.
Persiapan yang baik, penentuan langkah-langkah yang sesuai serta pemilihan
model penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan berpengaruh terhadap ketercapaian
peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Untuk itu, disini pemakalah akan
menjelaskan penelitian tindakan kelas mulai dari pengertian, sejarah,
langkah-langlah, model-model penelitian tindakan kelas, serta keberhasilan
dalam melakukan penelitian tindakan kelas.
No comments:
Write comments